Selamat datang di The Journey...Semoga mendapat manfaat dari ini...

The Journey

The Journey
Selamat Datang ! Suatu kehormatan bagi the Journey atas kunjungan ini. Semoga mendapat sesuatu yang bermanfaat di Blog ini

daftar isi

Kamis, 11 Agustus 2011

mendidik anak berpuasa


“Orang yang diberi tanggung jawab untuk membesarkan anak perempuan dan memperlakukan mereka dengan baik, akan menjadi perisai baginya dari neraka. (H.R Bukhari dan Muslim).
“perintahkanlah anak-anakmu untuk sholat saat usia tujuh tahun, dan pukullah mereka (jika tidak mengerjakannya) saat usia sepuluh tahun “ (HR Abu Daud)

1. Berikan Pemahaman tentang pentingnya puasa Ramadhan.
2. Sambut Ramadhan dengan keriangan dan keceriaan
3. Menata jam tidur anak sehingga akan mudah bergairah saat bangun sahur.
4. Tidak meletakkan makanan, minuman dan buah-buahan secara terbuka.
5. Anak yang baru berlatih puasa sebaiknya dijauhkan bermain dari anak yang malas berpuasa.
6. Latih anak berpuasa secara bertahap dan menjanjikan hadiah sebagai rangsangan.
Rubayyi binti Muawidz, ia berkata:” Di pagi Asyura’ Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mengirim utusan ke kampung-kampung Anshar :” Siapa yang pagi ini dalam keadaan puasa maka sempurnakanlah puasanya, dan barangsiapa yang pagi ini dalam keadaan tidak berpuasa, maka berpuasalah pada sisa hari ini. Dan kamipun melakukan puasa Asyura’. Sebagaimana kami menyuruh puasa anak-anak kecil kami, dan kami beserta putra-putra kami berangkat ke masjid dengan menjadikan mainan dari kapas buat mereka, jika ada salah seorang dari mereka menangis minta makanan, kami berikan mainan itu kepadanya sampai masuk waktu berbuka” (HR Bukhari dan Muslim)
7. Memberi alternatif pengisian waktu yang tepat dan positif, baik dengan istirahat tidur di siang hari maupun alternatif permainan yang mendidik mereka melupakan rasa haus dan lapar.
8. Mengajak anak untuk meramaikan syiar Ramadhan.
9. Teladan dari orang tua


Siapakah capres idolamu ?

 

blogger templates | Make Money Online